Persediaan stok beras di Kabupaten Lebak, selama bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri tahun ini di pastikan aman. bahkan persediaan beras yang ada di Kabupaten Lebak saat ini cukup untuk lima bulan kedepan.
         Kepala Seksi Produksi Daerah dan Ketahanan Pangan Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Mira Indayani Mengatakan, saat ini stok beras yang ada di sejumlah pasar di Kabupaten lebak cukup banyak menyusul tibanya musim panen di sejumlah daerah lumbung pangan di Kabupaten Lebak. "Saat ini di sejumlah wilayah Kabupaten Lebak masih berlangsung penen padi. Bahkan di perkirakan masa panen padi ini akan terus berlanjut hingga september 2011, "ujarnya, kemarin. Hingga saat ini, Stok beras yang masih ada mencapai 202.127 Ton dan bisa mencukupi untuk lima bulan kedepan. Selain itu, Pemerintah Daerah terus menyalurkan program beras untuk orang miskin atau Raskin. "Sedangkan kebutuhan konsumsi beras di Kabupaten Lebak tahun ini mencapai 163.350.422 kilogram atau 163.350.42 Ton,"imbuhnya.
        Jika dirata-ratakan kebutuhan beras per kapita sebanyak 134 kilogram. pihaknya menjamin bahwa program ketahanan pangan di Kabupaten lebak ini relatif aman hingga lima bulan kedepan dan tidak akan terjadi kelangkaan beras untuk wilayah Kabupaten Lebak.
        Hingga Juni 2011 produksi padi kering pungut di wilayah Kabupaten Lebak mencapai 369.000 ton dari target 493.000 ton. "Kemungkinan produksi padi tahun ini surplus karena sudah mencapai 369.000 ton," katanya.
        Ditemui terpisah, H. Baden, seorang pedagang di pasar Rangkasbitung mengaku bahwa selama ini persediaan beras lokal yang dipasok dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Lebak cukup melimpah. Namun sejak dua pekan terakhir harga beras terjadi kenaikan sekitar lima persen akibat permintaan dari konsumen cukup tinggi hingga menjelang bulan ramadhan. "Stok beras lokal akan mencukupi hingga awal 2012 karena panen padi di wilayah Kabupaten Lebak masih berlanjut. Namun, harganya akan mengalami kenaikan di pasaran." Katanya.

0 Comments