Bupati Lebak, Menko PMK, Kepala BNPB RI, Dirjen Linjamsos dan Wagub Banten Kunjungi Posko Penanganan Bencana Lebak




Media Informasi - Banjir bandang yang melanda enam Kecamatan di Kabupaten Lebak mendapatkan bantuan khusus dari Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia. Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, dan Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan kurang lebih 1,47 Milyar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak untuk penanganan bencana banjir dan longsor.

Muhadjir Effendy Menko PMK, Letjen Doni Monardo Kepala BNPB RI, Harry Hikmat Dirjen Linjamsos , dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi meninjau langsung titik lokasi bencana. Bertempat di Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (4/01/2020).

Menko PMK saat dijumpai media mengatakan selain melibatkan Pemerintah Daerah, pihaknya juga akan meminta kementerian terkait untuk turut membantu korban bencana banjir di Lebak.
Muhadjir juga mengatakan pemerintah akan memastikan korban banjir bandang mendapatkan pelayanan dasar seperti kesehatan, kebutuhan sehari-hari, penampungan yang layak serta anak anak tetap belajar dalam kondisi apapun.


Baca juga : Bupati Lebak Terus Pantau Lokasi Banjir Bandang dan Tanah Longsor




"Kemudian untuk akses jalan tadi juga Bapak Kepala BNPB sudah berinisiatif untuk nantinya akan meminta bantuan TNI dari zeni bangunan untuk membangun jembatan-jembatan sementara yang bisa dilalui, karena kalau menunggu proses dari kementerian kan agak lama kalau TNI sudah ada biasanya untuk perang sudah ada jembatan yang bisa dibangun dengan waktu singkat, paling tidak kan bisa dilalui untuk masyarakat sehingga nanti akses keluar bisa segera teratasi" Ucap Muhadjir.

Sementara itu Bupati Lebak mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan bantuan dana untuk penanganan bencana banjir bandang ini.
Bupati juga menyampaikan sejauh ini Pemkab Lebak melalui BPBD terus melakukan evakuasi korban terdampak, serta melakukan pendataan kerusakan, mendirikan posko dapur umum dan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi. "Pemkab Lebak juga akan membangun sekolah darurat agar anak-anak tetap bisa sekolah meski dalam kondisi seperti ini" Ujar Bupati.

0 Comments